Breaking News

Saturday, January 30, 2016

Barcelona bertahan di puncak klasemen

Jakarta - Barcelona memenangi duel papan atas dengan Atletico Madrid. Lebih dulu tertinggal, The Catalans menang 2-1 atas lawannya yang bermain dengan sembilan orang sejak tengah babak kedua.

Di Camp Nou, Sabtu (30/1/2016) malam WIB, Barcelona dibuat kesulitan di menit-menit awal laga. Tim tamu malah berhasil membuat kejutan lewat gol yang dilesakkan Koke di menit 10.

Tuan rumah baru bisa menyamakan kedudukan di menit 30 melalui Lionel Messi. Barca tak butuh waktu lama untuk mencetak keduanya karena delapan menit berselang gantian Luis Suarez yang mencatatkan namanya di papan skor.

Sebelum babak pertama tuntas Atletico kehilangan satu pemainnya setelah Filipe Luis dikartu merah karena mengangkat kaki terlalu tinggi hingga mengenai lutut Messi. Di pertengahan babak kedua gantian Diego Godin yang diusir dari lapangan, wasit memberinya kartu kuning kedua setelah dianggap melanggar Suarez.

Kemenangan tipis ini makin mengokohkan Barca di puncak klasemen La Liga Primera dengan 51 poin dikumpulkan, Barca masih punya satu pertandingan sisa lebih banyak dibanding lawan-lawannya. Sementara Atletico masih aman di posisi kedua dengan poin 48.

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan dua menit Atletico sudah menebar ancaman saat Claudio Bravo harus menepis ke luar lapangan bola yang ditembak Saul. Di menit-menit awal ini permainan fisik yang diperagakan Atletico mampu merepotkan tuan rumah.

Sepuluh menit pertandingan berjalan Atletico berhasil mengejutkan publik Camp Nou dengan gol yang dibuat Koke. Menyambar umpan yang dilepaskan dari sisi kanan lapangan, tendangan first time Koke yang tidak terkawal di tengah kotak penalti gagal dihalau Bravo. Atletico unggul 1-0.

Setelah tertinggal satu gol Barca meningkatkan tekanannya pada Atletico. Mengurung tamunya di wilayah permainannya sendiri, salah satu peluang terbaik Barca menyamakan kedudukan adalah saat penetrasi Andres Iniesta dilanjutkan menjadi umpan untuk Suarez. Dari dalam kotak penalti, tendangan Suarez diblok kiper Jan Oblak pada menit 29.

Satu menit berselang Barca akhirnya bisa mencetak gol penyama melalui Lionel Messi. Tendangan pemain terbaik dunia itu dari dalam kotak penalti menyongsong umpan dari Jordi Alba membuat skor berubah jadi 1-1.

Gol! Barcelona kini balik unggul. Hanya delapan menit setelah Messi, gantian Luis Suarez yang menjebol gawang Oblak. Memanfaatkan umpan panjang yang dikirim dari garis tengah lapangan, Suarez memecah pertahanan Atletico dan memenangi adu body dengan bek lawan dan melepaskan tendangan yang gagal dihalau Jan Oblak.

Keunggulan Barca bertambah dua menit sebelum turun minum. Tapi bukan dalam bentuk gol, melainkan di jumlah pemain. Wasit langsung mengacungi kartu merah pada Filipe Luis karena mengangkat kaki terlalu tinggi dan mengenai lutut Messi.

Meski bermain dengan 10 orang, Atletico tetap memberi perlawanan sengit di awal babak kedua. Griezmann menciptakan peluang emas bikin gol saat dia membelokkan umpan yang dilepaskan Carrasco dari sisi kanan lapangan. Bola mengecoh kiper Bravo, tapi gagal masuk ke gawang karena masih mengenai kakim kiper asal Chile itu. Momen itu terjadi di menit 56.

Kartu merah kedua untuk Atletico! Godin diacungi kartu kuning kedua oleh wasit dan diusir keluar lapangan pada menit 65. Kapten Atletico itu dianggap melakukan pelanggaran dengan tekelnya ke arah Suarez.

Dari momen pelanggaran tersebut Barca dapat tendangan bebas. Eksekusi Messi dari sisi kanan kotak penalti langsung mengarah ke gawang, bola ditepis Oblak ke luar lapangan.

Pada menit 71 Arda Turan masuk ke dalam lapangan. Tujuh menit berselang dia nyaris menjebol gawang mantan klubnya itu saat tendangan mendatar yang dia lepaskan dari dalam kotak penalti melenceng tipis di sisi kiri gawang.

Barca terus menekan pertahanan Atletico di sisa waktu pertandingan. Meski menghadapi lawan yang cuma diperkuat sembilan orang, tidak ada gol tambahan dibuat The Catalans. Laga pun tuntas dengan skor 2-1.

Sumber:detik.com

No comments:

Post a Comment

Copyright@ By Sulistiyo Nur Hidayt